Pendapat Siswa Tentang Hari Kemerdekaan

VERNANDA (SMA N 3 SRAGEN)

[    proklamasi

  1. 1.              Mengin gatkan pada perjuangan pahlawan bangsa
  2. 2.              Perjuan gan sebelum proklamasi terjadi
  3. 3.              Bentrok antara gelombang tua dan gelombang muda
  4. 4.              Pertempuran di laut aru

[    Sesuatu yang harus dilakukan pada hari kemerdekaan antaralain Upacara 17 agustus,Melakukan perlombaan menunjukkan  bahwa merdeka itu butuh perjuangan.

[    Masukan untuk anak muda sekarang yaitu giat belajar untuk melanjutkan pahlahan yang gugur agar jadi negara yang maju dan di segani bangsa lain

DEWI MULYANI(SMA N 2 SRAGEN)

Proklamasi adalah hari lahirnya bangsa indonesia dan dengan  indonesia merdeka   maka dimulailah suatu negara untuk maju.

Waktu 17 agustus kita melakukan perlombaan agar tetep semangat pada hari proklamasi.menciptakan hal baru dan  menjadi yang terbaik.serta melakukan upacara 17 agustus

Masukan untuk anak muda sekarang ; giat dalam belajar dan mengajar (bagi guru)sesuai ilmu yang kita peroleh serta semangat dalam memperjuangkan  kemerdekaan

Romadhoni nafisah (SMA N 2 SRAGEN)

Proklamasi untukku hari lahirnya bangsa indonesia

Waktu 17 agustus kita ikut andil dalam 17 an,memasang bendera di sekitar jalan,mengenang para pahlawan dan menyayikan lagu nasional.

Masukan unuk anak muda sekarang ;pemuda harus mempunyai jiwa nasionalisme,mempunyai rasa sadar bahwa kemerdekaan penting untuk negara jadi pemuda harus meningkatkan  kualtas bangsa.

EMA NOVITA SARI ( SMA N 2 SRAGEN)

Proklamasi adalah hari dimana rakyat memperingati kemerdekan yang tlah memperjuangkan kemerdekaan.

Hari  17 agustus kita memperingati hari kemerdekaan dengan kesadaran yang tinggi dan melakukan yang bermanfaat  serta melakukan melakukan  perlombaan agar tetap tersenyum

Masukannya pemuda menyadari jasa orng terdahulu yangsudah sulit memper juangkan kemerdekaan dan senantiiasa  membela negara dan bukan hanya pada hari proklamasi saja

ALVINA (SMA N 3 SRAGEN)

Proklamasi adalah awal bangsa indonesia meraih kemerdekaan serta hari yang sakral karna dengan prok;amasi indonesia jadi negara merdeka.

Waktu 17 agustus melakukan perlombaan ,upacara 17 agustus,melakukan bersih desa serta memasang bendera indonesia

Masukan untuk anak muda ya harus bersngguh sungguh dalam menuntut ilmu,agar dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan .contohnya ; dapat mengelola sendiri tambang emas  di papua yang saat ini  di kelola oleh belanda (karena belanda hanya memberi indo nesia  10% dari hasil  tambang emas tsb)  bayangkan dari ber ton-ton emas tiap harinya  bangsa indonesia hanya di beri 10% bahkan data yang menyatakan hanya 1% dari hasil tambang).

Apakah Semua Orang Bisa Dipanggil Guru???

Kami mengucapkan selamat ulang tahun pada guru-guru kita dalam HUT PGRI ke-66, semoga dengan ini guru-guru di seluruh Negeri ini semakin JAYA dan dapat menyumbangkan ilmu-ilmunya bagi kita semua…. Maka dari itu, pada edisi kali ini kami menyajikan rubrik yang tentunya masih berkaitan erat dgn guru. Langsung saja, dengerin nih komentar dari temen-temen kita tentang

“Menurut kalian siapa yang patut di panggil guru??? Alasannya apa????”

  •  Shella Ayuning Tiyas ( SMA Negeri 3 Sragen)

Guru adalah orang yang bisa mendidik muridnya menjadi yang lebih baik dan guru juga bisa memberi contoh yang baik.

  • Riya Suci P (SMA Negeri 2 Sragen)

Guru adalah orang yang mengajar kita dengan ikhlas, sabar, dan bisa dijadikan teladan

  • Efri Mawarni (SMA Negeri 2 Sragen)

Guru adalah orang yang telah berjasa mendidik, mengajari kita sesuatu di sekolah meskipun muridnya membuat kesalahan yang sengaja dan tidak sengaja.

Dari comment-comment di atas yg punya jawaban n’ alasan yg beragam… Kami simpulkan alasan dari mereka nie, “Karena guru itu telah mengajarkan banyak pengetahuan, mulai dari nol sampai sekarang. Serta guru telah mengarahkan kita mana yang baik dan mana yang buruk. Agar kita tidak terjerumus ke dalam hal – hal yang maksiat.

Sumpah Pemuda thu apa siih???

hallo sobat semua……..d’kopel kali nie kita akan mendengarkan tentang beberapa komentar dari sobat-sobat setia Madara tentang arti nya sumpah pemuda bagi mereka,,pengen tahu gmana komentar nya??? nah,,sLahkn ajh d.baca yaa……….

Bentar lagi kan kita akan memperingati Hari Sumpah Pemuda,nah menurut kamu Sumpah Pemuda itu apa sih ???

  • Indri Pratiwi / X TKJ 1 : “Sumpah pemuda merupakan suatu pengakuan dari pemuda pemudi      Indonesia   yang mengikrarkan satu tanah air, dan satu bangsa.”
  • Lilin Hanivah / X TKJ 1 : “Sumpah pemuda adalah janji para pemuda bangsa kita dalam mengakui dan memperjuangkan bangsa. Sebagain pelajar hal yang bisa kita lakukan , kayak ikut upacara, belajartertib, menepati peraturan.”
  • Astari Nindya Poetri / SMA NEGERI 1 SUKODONO : “Sumpah pemuda menurutku adalah hari atas pembuktian para pemuda Indonesia memajukan rasa nasionalisme kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa pemuda Indonesia mempunyai peran dan tekat yang penting untuk memajukan n membela bangsa Indonesia dari ancaman.”
  • Hery Cahyono / X TKJ 1 : “Sumpah pemuda adalah dimana para pemuda bersumpah akan bersatu dan melindungi bangsa Indonesia untuk pertanyaan  berikutnya adalah jujur,aku belum melakukan sesuatu yang berarti buat bangsa kecuali belajar menjadi manusia yang mencintai alam Indonesia dan seluruh yang ada di dalamnya.”

Kayak Gimana sich Sistem Pendidikan di Indonesia itu???

Ini nich salah satu hasil wawancara kami dengan para sahabat “Madara Online”..

Salah satunya ini wawancara “CAMAD” (Cah Mading) dengan mbak Dian Gigih Indrawati kelas XII TKJ1, atau yang akrab dipanggil mbak gigih.

CAMAD : “Menurut anda system pendidikan zaman sekarang itu seperi apa?”

Mbak Gigih : “Setau saya system pendidikan sekarang ini menggunakan system KTSP (Kurikulum TINGKAT Satuan Pendidikan ). Kalau dipelajaran PKn seperti Otonomi daerah githuuu… Jadi setiap sekolah berhak menentukan kurikulum sendiri. Apalagi kita di SMK, setiap sekolah kejuruan pasti ada system pelajarannya sendiri. Contohnya lamanya Prakerin disetiap sekolah berbeda. Yang intinya saya lebih nyaman dengan system KTSP ini karena guru bisa langsung mengetahui kemampuan siswa didiknya”.

CAMAD : “Kalau yang Zaman dulu seperti apa pula?”

Mbak Gigih : “Kalau zaman dulu menggunakan system KBM, yang dimana harus terpacu pada KBM tersebut. Jadi, agak ngekang gitu ya,hehehehe… Jadi ya kurang nyaman. Tapi lebih jelasnya Tanya aja dech ke pihak Kurikulum, hehhehehee”.

CAMAD : “Dibanding pendidikan zaman dulu, lebih cocok mana untuk digunakan sebagai acuan mengubah karakter anak bangsa saat ini?

Mbak Gigih : “Menurut saya lebih baik menggunakan Program KTSP, karena setiap anak memiliki sifat atau karakter yang berbeda jadi bagaimana cara para pendidik membentuk karakter mereka dengan cara mereka sendiri.”

Mau tahu wawancara kami selanjutnya, monggo di simak atuhh.. Ini wawancara kami dengan kakak kelas yang baru Lulus kemarin, Mas Michael. Mas Agusta Tri Rusandi deng,, alumni dari kelas XII TMO1.

Ini nich jawaban dari Mas Michael…

Menurut saya Sistem pendidikan sekarang itu perlu diubah karena system kerja tidak merata. Contohnya system perdinas Pendidikan yang ada dikabupaten.. System pendidikan yang diterapkan di kabupaten Sragen berbeda dengan Kabuparten Karanganyar. Seharusnya saat pergantian System pendidikan itu harus didiklat agar System Pendidikan itu sama diseluruh INDONESIA..

Terus,kalau system pendidikan zaman dahulu itu menurut saya sama saja. Kalau zaman dahulu system pendidikan Indonesia baik, seharusnya sekarang Negara Indonesia menjadi Negara maju. Jadi, Indonesia perlu mengadakan Revolusi bukan Evolusi. Karena Inonesia sudah terlalu lama ber-Evolusi namun tidak ada hasil yang memuaskan. Maka Revolusi Pendidikan di Indonesia sangat perlu dilakukan agar Pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dari pada sekarang.

Pertanyaan pemungkas, yang dijawab dengan jawaban yang singkat,heheeee.

Menurut saya cocok yang sekarang karena system pendidikan yang sekarang cenderung menggunakan kompetensi siswa sehingga siswa bebas untuk berekspresi. Untuk itu, demi kemajuan Pendidikan Indonesia maka System Pendidikan Indonesia perlu ditambah.

Wah-wah,,suatu jawaban yang bagus bukan??? Ya, semoga apa yang kita inginkan tentang pendidikan di Indonesia bisa terwujud dan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik daripada sekarang! Aamiin.

Apakah Indonesia Sudah Bangkit???

Bentar lagi kan kita memeringati Hari Kebangkitan Nasional pada tgl 20 Mei. Menurut anda apakah Indonesia sudah bangkit dr keterpurukanya……. dan sudah lebih baik dari tahun kemarnin???

Untuk sistem sudah lebih  baik namun tidak diikuti dengan Sumber daya manusia yang berkarakter , banyak orang – orang indonesia pinter  tapi tidak berkarakter itu lah yang membuat bangsa indonesia sulit untuk  maju. Satu pesan untuk wargaIndonesia  “Manjada Wajada”.

Kalau untuk sragen gimana???

Untuk Sragen : semoga dengan pemimpin yang baru dapat membuat lembaga kehidupan baru yang lebih asri

Ahmad Ilham

XI TKR 1

Kalau bangkit ada beberapa hal contohnya Tekhnologi. Hampir semua kalngan mengenal tekhnologi berbasis internet, kemudian dalam proses pembelajaran di laksanakan mulai terdapat berbagai variasi seperti yang di terapkan di sekolah kita ini SMK N 2 Sragen, dan beberapa hal yang belum berubah masih banya kasus- kasus korupsi dan praktek suao yang terjadi di lingkup mayarakat indonesia terus, bahkan di kebangkitan nasional ke 103 tahun  ini. Ada hal yang mngalami penurunan mislnya kinerja pemerintah yang semakin di ragukan dan beberapa hal lain yang mudah kita jumpai di sekitar kita.

Untuk Sragen: nitip pesan buat bapak Bupati yang baru,  semoga beliau mampu mengemban amanat dari rakyat dan mewujudkan sragen yang sejahtera

Yogi S.

XI TKK 1

 

Bagi saya sendiri sudah, tapi hanya beberapa persen. Kita masih melihat korupsi  dimana-mana, teroris pun juga masih berkeliaran.

Bagai saya kita sebaiknya menyatu. Karena menyatu kita bisa bangkit dari keterpurukan ini. Dan kita harus saling percaya…. seprtihalnya masyarakat percaya dengan wakil rakyat dan sebaliknya sebenarnya di Indonesia ini tinggal solidaritasnya saja yang kurang.

Kita bisa..!!

Dan kita mampu…!!

Untuk Indonesia tercinta…..

Untuk srage, saya ingin Sragen lebih maju dan lebih indah….

Seperti  slogannya  ASRI(Aman Sehat Rapi Indah). Dan saya berpesan untuk pemerintah tolong secepatnya jalan jurusan Gabukan / Gemolong (taraman) Segera di perbaiki karena jalannya rusak. Banyak sekali kecelakaan disana, dan untuk kendaraan beroda 4 tolong dong jangan buang sampah dijalan waktu mengendarai….. nanti bisa terjadi kecelakaan. Di samping itu masyarakat juga membantu…..

Mari kita bersatu

Jadikan Sragen

ASRI

Jazakumuwlahukukhairojaza

Irfan B P

XII TKK II